Tentang Kami


Kantor

Alamat Surat :
Perumahan Taman Laguna, Ruko No. 112
Jl. Alternatif Cibubur
Bekasi 17435
          (+62 21) 8459 0227
          (+62 21) 8459 0227
          sekretariat.pusat@gpmt.or.id

Pakan Ternak

Bahan pakan ternak adalah bahan yang dapat dimakan, dicerna dan digunakan oleh ternak. Bahan pakan dapat berasal dari tanaman dan hewan. Semua bahan pakan baik yang berasal dari tanaman maupun hewan terdiri dari air dan bahan kering. Bahan kering dapat dibedakan menjadi bahan organik dan bahan anorganik. Bahan organik meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, sedangkan bahan anorganik meliputi mineral.

Pada umumnya tanaman menjadi sumber pakan utama bagi ternak. Dalam proses fotosintesis, tanaman dapat menggunakan energi matahari untuk mensintesa zat makanan organik yang kompleks dari bahan-bahan sederhana seperti karbondioksida dalam udara dengan air dan unsur anorganik dari tanah. Bagian terbesar dari energi yang diserap tanaman disimpan dalam bentuk energi kimiawi yang dapat digunakan ternak untuk kelangsungan hidupnya atau untuk kebutuhan hidup pokok dan untuk mensintesa jaringan tubuhnya.

Bahan pakan dapat dikelompokkan menjadi bahan baku pakan sebagai sumber energi, bahan baku pakan sebagai sumber protein (nabati dan hewani), bahan baku pakan sebagai sumber mineral, serta bahan baku pakan tambahan dan pelengkap (feed additive dan feed suplement).

Pakan ternak yang diproduksi oleh anggota GPMT lebih dari 92 persen adalah pakan unggas yang terdiri dari ayam pedaging, petelur, bibit, buras, itik, puyuh dan sedikit pakan babi, sapi dan ternak lainnya.